Kenali Ciri Bibit Lele yang Kualitas Bagus

Tahukah anda bagaimana sih ciri bibit lele yang kualitas bagus? Kebutuhan masyarakat akan ikan lele dipasaran semakin melambung tinggi setiap tahunnya. Selain mencukupi kebutuhan pasar, menjamurnya usaha budidaya ikan lele ini tentu juga menjadi peluang besar bagi sebagain orang untuk mendulang pundi-pundi keuntungan.

Meskipun jenis ikan air tawar ini mudah sekali untuk dikembangbiakan, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan juga didukung dengan pemilihan bibit lele yang unggul. Oleh karenanya sebelum memulai mengepakkan sayap diusaha ini kenali terlebih dahulu tanda bibit lele yang bagus.

Pasalnya pengenalan ciri bibit lele yang bagus bukan hanya meningkatkan kualitas produksi semata, tetapi juga mengurangi resiko kerugian yang kerap kali melanda. Secara umum tanda ikan lele yang bagus bisa dikenali dengan kasat mata.

bibit lele

Nah, maka dari itu bagi Anda yang belum mengetahui bagimana ciri bibit lele yang bagus, simaklah penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Tanda Khusus Bibit Ikan Lele yang Bagus

1. Permukaan badan mulus dan sewarna

Tahukah Anda bahwa ciri bibit ikan lele yang bagus mampu dikenali secara kasat mata, hanya dengan menilik permukaan badanya yang mulus serta warna tubuhnya yang coklat tua atau hitam kemerah-merahan.

Nah jika Anda mendapati permukaan tubuh bibit lele yang lecet-lecet, maka sebaiknya jangan dibeli. Pasalnya bibit lele dengan permukaan tubuh yang lecet memiliki potensi kematian yang tinggi.

2. Memperhatikan kelengkapan tubuh benih lele

Pastikan bahwa benih lele yang hendak dibeli memiliki kelengkapan tubuh yang sempurna dengan 2 pasang sirip bawah, sirip punggung sepanjang badan serta sungut yang lengkap. Sebab semakin sempurna kelengkapan tubuh yang dimiliki benih lele, maka semakin tinggi pula nilai bibit tersebut.

3. Mampu bergerak aktif dan lincah

Tanda bibit lele yang bagus selanjutnya adalah memiliki gerak yang aktif dan lincah ketika melawan arus yang lembut. Semakin besar gerakan yang tercipta maka bisa disimpulkan bahwa benih lele tersebut masuk dalam kategori benih lele yang baik.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait ciri bibit lele yang bagus, yang dapat kami informasikan untuk Anda yang hendak memulai usaha budidaya ikan lele dan selamat mencoba, terima kasih.