Jenis-jenis Bordir Komputer

Saat ini bordir sudah menjadi hal yang digunakan untuk berbagai fashion dari busana hingga fashion. Bordir juga tidak digunakan untuk busana kebaya pada seperti jaman dulu. Banyak yang menggunakan bordir. Dalam aplikasi, bordir ada yang menempel langsung pada kain, dan ada juga yang harus ditempel dengan jahitan atau lem. Dalam aplikasinya pun harus menyesuaikan antar jenis bordir dan busana. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan tentang jenis-jenis bordir komputer di bawah ini.

Apa Saja Jenis-jenis Bordir Komputer?

Jika Anda membutuhkan jasa bordir komputer yang simpel dan dapat ditempel pada pakaian, maka anda harus mengetahui jenis-jenis terlebih dahulu. Supaya anda bisa memilih jenis bordir komputer yang sesuai dan cocok dengan anda. Apakah anda tahu jenis bordir tempel yang sekarang ada? Jika belum, penjelasan dibawah ini akan menjadi gambaran anda. Oleh sebab itu, simaklah dengan baik.

  1. Bordir Patch

Jika anda membutuhkan bordir yang simpel dalam penerapannya, maka bordir patch cocok untuk anda.bordir patch juga disebut sebagai iron patch. Penggunaanya anda hanya cukup menyetrika bordir di atas pakaian, dan bordiran pun akan langsung menempel.

Berdasarkan jenis media kain yang digunakan, bordir patch dibagi menjadi tiga yaitu iron patch, velcrow patch, dan bordir patch biasa. Iron patch menjadi paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahannya dalam menempelnya. Anda cukup membutuhkan setrika panas dan gosok di atas iron patch, maka bordiran akan nempel pada pakaian, sepatu, topi, bahkan tas. Sedangkan untuk velcrow patch, anda harus menjahitnya supaya dapat menyatu dengan pakaian, seragam, tapi, bomber, dan sebagainya. Patch bordir biasa juga harus dijahit supaya menempel pada kain. Bordir jenis ini sangat cocok untuk instansi atau suatu organisasi.

  1. Bordir Emblem

Jika anda ingin membuat logo atau lambang, maka bordir emblem akan cocok. Selain terlihat elegan dan bagus, bordir emblem akan lebih tahan lama dibandingkan dengan logo sablon. Logo embelm juga sesuai untuk berbagai macam logo, indentitas, atau brand produk. Dari mulai logo resmi seperti polisi, sekolah, pramuka, sampai logo untuk organisasi.

Bordi emblem dibuat dengan bordir komputer menggunakan kain woven atau kain yang kaku dan produk yang dihasilkan tidak lembek. Benang yang digunakan juga menggunakan benang dan warna yang bagus dan berkualitas. Oleh sebab itu, bordiran akan tampak jelas.

Pada bordir komputer, emblem dibuat dengan memblok seluruh permukaan kain woven. Blok tersebut adalah dasar logo. Selanjutnya, bentuk bordiran sesuai dengan desain gambar yang diinginkan. Untuk aplikasi pada pakaian, cukup anda tempelkan dengan cara menjahit logo bersama dengan kain.

  1. Bordir Tempel

Jika anda menginginkan pakaian dengan gaya kebaya namun tidak mengeluarkan biaya mahal, maka anda dapat menggunakan bordir komputer model bordir tempel. Tanpa membuat aplikasi bordir langsung pada pakaian, bordir tempel sesuai dan cocok untuk berbagai macam pakaian. Baik pakaian resmi maupun kasual. Dengan bordir ini,  busana menjadi indah dan elegan.

Bordir tempel berupa sulaman benang pada kain yang membentuk gambar atau ilustrasi seperti bunga. Bentuk bordir ini sangat bervariasi dan beraneka motif  dengan pilihan banyak warna. Sedangkan ukuranya menyesuaikan dengan busana wanita. Pada aplikasinya, anda hanya perlu memilih bordir yang sesuai dengan anda. Kemudian di terapkan pada pakaian atau busana anda. Cara menempelnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menjahit bordir ke kain. Supaya menjadi rapi, jahitlah mengikuti bentuk tepi bordir.

Itulah jenis-jenis bordir komputer yang dapat anda gunakan di berbagai jenis busana, topi, bahkan sempat. Jenis bordir di atas merupakan jenis bordir yang penggunaannya dengan cara menempel pada permukaan kain anda. Untuk pemilihan jenisnya, bergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian busana.

jasa bordir komputer
jasa bordir komputer