Interactive Whiteboard dan Manfaatnya Untuk Bidang Pendidikan

Interactive whiteboard dapat digunakan dalam berbagai cara berbeda. Antarmuka yang tersedia dapat dihubungkan ke proyektor layar, laptop, komputer, dan lainnya. Ketika teknologi terus tumbuh, penggunaan papan pintar ini juga semakin bertumbuh.

Untuk segala bidang dan kelompok umur, ada manfaat yang dapat dinikmati dari papan tulis pintar ini. Banyak sekolah sekarang menggunakannya untuk membantu menyediakan sistem pendidikan yang lebih interaktif yang membantu anak-anak belajar lebih efektif. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai alat baca interaktif yang hebat, tetapi penelitian telah menemukan bahwa mereka memberikan tingkat keterbacaan yang sangat baik. Karena latar belakangnya yang berwarna putih, tulisan yang ada di layar akan terbaca dengan mudah, meski dari jarak jauh.

Papan pintar ini kompatibel dengan berbagai koneksi, dan sering digunakan dengan proyektor, slide, dan teknologi komputer. Ketika digunakan dalam lingkungan pendidikan, seperti perguruan tinggi atau sekolah, pengajaran dapat dilakukan di lokasi tanpa harus meninggalkan ruang kelas. Kelompok besar pun dapat diatasi sekaligus hanya dengan satu papan tulis, yang tidak akan mungkin bisa jika Anda hanya mengandalkan satu komputer.

interactive whiteboard

Tidak hanya papan tulis interaktif dapat digunakan di bidang pendidikan, tetapi fitur multi guna yang tersedia juga dapat digunakan di berbagai bidang lain. Seperti contoh digunakan untuk pelatihan, demonstrasi, presentasi, e-learning, konferensi video dan banyak lagi. Fitur yang digunakan untuk video conference juga sangat membantu perusahaan besar, karena tampilan pada laptop atau desktop dapat ditransfer ke papan pintar sehingga peralatan kecil dapat digunakan agar sesuai dengan kebutuhan kelompok yang lebih besar.

Di bidang pelatihan, interactive whiteboard ini menjadi sangat berharga. Hal ini memungkinkan pelatih untuk melatih orang dengan metode interaktif, yang lebih sulit dilakukan hanya dengan laptop. Presentasi dapat dengan mudah diberikan dari laptop dengan papan yang memungkinkan semua orang untuk melihat, apakah bertempat di aula besar, ruang presentasi atau ruang meeting. Bahkan pesta dan acara sosial lainnya sering menggunakan interactive whiteboard untuk presentasi khusus kepada sekelompok orang.