Ini Dia Dampak Positif yang dibawa Sampah

Sampah adalah benda sisa atau sudah tidak digunakan lagi oleh manusia. Di setiap melakukan aktifitasnya, pasti manusia akan meninggalkan yang namanya sampah, ada yang dibuang sembarangan dan ada yang dibuang pada tempatnya seperti tempat sampah stainless. Sampah pun terbagi ke dalam beberapa jenis. Namun yang paling familiar oleh kita adalah sampah organik dan juga sampah anorganik.

Cara membedakannya juga cukup mudah. Sampah organik adalah sampah yang berasal langsung dari alam. Misalnya, daun – daunan kering yang jatuh dari pohon. Buah – buahan yang telah membusuk, bekas sayur – sayuran ibu rumah tangga. Nah sampah – sampah ini adalah jenis sampah yang paling mudah untuk terurai oleh alam.

Selanjutnya adalah sampah yang masuk ke dalam kategori sampah anorganik yaitu sampah yang berasal dari benda – benda buatan manusia. Misalnya sampah botol minuman, sampah bungkus makanan, sampah kaleng makanan, dll. Kategori ini adalah sampah yang sulit untuk di daur ulang.

Jika digunakan dengan benar, sampah mempunyai manfaat !

  1. Sebagai pupuk organik tanaman

Nah sampah yang bisa dijadikan sebagai pupuk organik untuk tanaman adalah sampah organik. Pupuk organik ini sangat bagus untuk tanaman dan juga bisa memperbaiki struktur tanah. Nah, pupuk organik ini juga tentu punya nilai ekonomi. Kalau kamu bisa memanfaatkan pupuk organik ini, kamu bisa jadi agen penyedia pupuk untuk para petani kebun atau juga petani – petani tanaman lainnya.

  1. Sebagai sumber Humus

Sampah – sampah organik yang telah membusuk, dapat menjadi humus yang mana sangat dibutuhkan untuk tanaman dan juga tanah. Ini juga sangat bermanfaat karena bisa menjadi sebagai sumber makanan untuk tumbuhan. Sebetulnya masih banyak manfaat lainnya yang didapat dari humus ini.

  1. Bisa di daur ulang

Limbah – limbah dari bahan plastik jika diolah kembali, tentu akan menghasilkan sebuah barang siap pakai yang tentunya bisa digunakan dalam fungsi yang lain. Benda – benda daur ulang juga bisa dijual kembali dan menghasilkan sebuah nilai jual yang lumayan. Contohnya juga sudah banyak.

  1. Jadikan sebagai bahan bakar alternative

Sampah yang telah membusuk akan menghasilkan yang namanya gas metana. Nah gas metana ini tentu bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga, atau juga juga keperluan industri kecil.

Nah itu adalah beberapa manfaat positif yang ada dari sampah. Sebetulnya memang adanya sampah tidak semenakutkan yang kita kira apabila memang benar – benar bisa dikelola dengan baik. Karena pengelolaan sampah yang benar pasti akan menimbulkan dampak yang positif.