IELTS Writing Task 2 – Hal Dalam Melakukan Tes Menulis IELTS

IELTS Writing Task 2 - Hal Dalam Melakukan Tes Menulis IELTS

IELTS Writing Task 2 – Menulis adalah salah satu komponen dalam tes IELTS. Dalam tes menulis IELTS, ada 2 jenis tugas yang dikenal sebagai tugas menulis IELTS 1 dan tugas menulis IELTS 2. Dalam tugas 1, para peserta diminta untuk menulis laporan berdasarkan grafik, tabel, atau diagram yang tersedia. Sementara itu, dalam tugas 2, peserta harus menulis esai berdasarkan topik yang diberikan. Tentu, dengan waktu yang terbatas, Anda mungkin bingung bagaimana memulai sesi penulisan. Tidak dapat disangkal, lebih banyak praktik adalah poin kunci untuk keberhasilan dalam tes IELTS. Selain itu, ada juga beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan. Apakah mereka?

IELTS Writing Task 2 – Hal Dalam Melakukan Tes Menulis IELTS

Baca Pesanan atau Pertanyaan dengan cermat
Pertama-tama, Anda harus membaca pertanyaan atau perintah yang diberikan dengan cermat. Jika perlu, Anda bahkan dapat menggarisbawahi poin-poin penting yang harus dijelaskan dalam tulisan Anda. Ini untuk membantu Anda menjelaskan topik yang lebih relevan. Untuk tugas penulisan IELTS pertama, Anda harus menghubungkan tulisan Anda dengan data yang ditemukan dari diagram, tabel, atau grafik. Topik yang digunakan dalam tugas 1 umumnya terkait dengan perbandingan data atau penjelasan diagram. Di sisi lain, tugas kedua meminta Anda untuk menuliskan argumen. Sebagai contoh, apakah Anda setuju bahwa perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak dampak buruk bagi para remaja dan remaja? Jawab pertanyaan dengan setuju atau tidak setuju daripada menjelaskan alasan Anda dengan jelas.

Lakukan Tugas 2 Pertama
Apakah Anda tahu bahwa tugas penulisan IELTS 2 memiliki skor lebih dari tugas 1? Jika ya, gunakan situasi ini untuk mengelabui kedua tugas. Anda harus melakukan tugas 2 terlebih dahulu dan memastikan bahwa Anda melakukannya dengan baik. Bahkan, skornya bahkan dua kali lebih banyak dari tugas 1.

Membuat rencana
Untuk pengecualian bahwa Anda adalah penulis yang berpengalaman, tampaknya Anda masih perlu membuat rencana tentang bagaimana Anda akan menuliskan topik. Anda bisa membuat peta pikiran di awal. Kemudian, dalam peta pikiran, rencanakan cara Anda membagi tulisan Anda menjadi beberapa bagian atau paragraf. Tentu, setiap paragraf harus berisi poin-poin untuk dijelaskan. Rencana tersebut tidak hanya penting untuk memungkinkan Anda menulis topik dengan lebih mudah tetapi juga membuat pekerjaan Anda memiliki hasil yang baik.