Hal yang Sering Bikin Balita Merasa Takut

Hal yang Sering Bikin Balita Merasa Takut

Pada umur balita sampai prasekolah, anak-anak akan paling mudah menikmati takut. Sebagai orang tua, Anda pastinya tidak tega menyaksikan si kecil mendekam ketakutan atau terlihat gugup di momen tertentu. Oleh sebab itu, yuk kenali hal-hal apa saja yang dapat menciptakan balita merasa takut, serta apa penyelesaian tepat guna mengatasinya. Berikut ulasannya.

Gelap
Seperti dipaparkan oleh Dr. Ayelet Talmi, associate director di unsur kesehatan bayi dan pertumbuhan anak di The Children’s Hospital, Denver, Amerika Serikat, untuk situs Parents, gelap ialah hal sangat umum yang menciptakan balita merasa takut. Ketakutan tersebut muncul sebab anak tidak dapat melihat apa yang terdapat di balik kegelapan tersebut.

Untuk menanggulangi rasa fobia ini, jajaki ajarkan kepadanya tentang teknik mengatur tingkat penyinaran di kamarnya. kita juga dapat mengajaknya jalan-jalan ketika malam, sampai-sampai dia bakal lebih terbiasa dengan situasi cahaya yang redup. Tak melulu itu, membicarakan segala urusan baru dan unik yang dapat dilihat ketika gelap ialah solusi yang brilian untuk menanggulangi rasa fobia si kecil. https://www.studybahasainggris.com/

Monster
Di samping gelap, monster ialah hal umum yang dapat membuat balita merasa takut. Pada tahap pertumbuhan ini, khayalan anak sedang berkembang pesat. Alhasil, biasanya mendorong anak-anak untuk menginginkan sosok mencekam yang hendak menyakiti mereka.

Alih-alih memberi tahu si kecil bahwa monster tidak terdapat – yang pasti tidak bakal dipercayainya – tolong dia untuk menangkal monster tersebut datang.

Misalnya, Anda dapat berpura-pura membawa sebuah botol mengandung air suci, yang andai disemprotkan di bawah kasur, di dalam lemari, atau di sekitar jendela, dapat mencegah monster muncul. Cara ini lumayan efektif untuk menciptakan si kecil merasa lebih aman dan nyaman, terutama andai dia telah mulai belajar istirahat sendiri.

Suara gemuruh angin atau petir
Suara gemuruh angin atau petir seringkali menciptakan balita merasa takut. Untuk menanggulangi rasa takutnya, Anda dapat membantu si kecil mengetahui tentang evolusi cuaca, atau malah mengajaknya merasakan hal itu. Sebagai contoh, ajak anak bermain di bawah guyuran hujan atau membawanya ke objek wisata pendidikan yang bertemakan sains. Di lokasi itu, si kecil tentunya dapat belajar hal-hal baru, terutama yang bersangkutan dengan cuaca dan alam.

Mimpi buruk
Terkadang, balita tidak dapat mengaku secara eksplisit bahwa mereka sedang merasakan mimpi buruk. Namun, Anda dapat mengenali urusan tersebut dari perilaku yang dia tunjukkan, laksana sering terbangun di tengah malam, menjerit atau menangis saat bangun, suka mengisahkan kisah-kisah yang dialaminya ketika terlelap, atau menuliskan bahwa mereka fobia untuk tidur.

Jika balita merasa fobia pada mimpi buruk, Anda dapat menghiburnya dengan menyerahkan sebuah boneka lucu dan lebih tidak jarang membacakan dongeng untuknya. Setelah itu, jajaki yakinkan si kecil bahwa dia aman, dan kita akan tidak jarang kali ada guna membantunya.

Sumber : https://www.bahasainggris.co.id/