Mengenal Fungsi Dan Cara Kerja Alat Defibrillator

alat defibrillator

Defibrillator merupakan salah satu alat kesehatan yang penting dan dibutuhkan dimnapun. Alat ini merupakan satu alat keselamtan yang hendaknya ada di setiap tempat yang banyak dikunjungi orang banyak. Di negara – negara Eropa, sudah banyak dipasang alat Defibrillator di berbagai tempat umum yang sering dikunjungi orang. Bukan hanya di rumah sakit atau klinik.

Mengenal Alat Defibrillator

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang alat ini, ada baiknya ada mengenal alat ini terlebih dahulu. Defibrillator adalah alat kesehatan yang digunakan untuk memberikan stimulus energi listrik berupa kejutan dalam jumlah tertentu dengan tujuan untuk mengejutkan jantung. Tentu saja bukan jantung yang normal yang perlu dikejutkan, melainkan jantung yang sedang mengalami fibrilasi, atau bergetar acak dan cepat namun tidak berfungsi memompa darah. Dengan bantuan alat ini, ada kemungkinan jantung terpacu sehingga akan kembali berdetak normal kembali.

Cara Kerja Defibrillator

Sekarang kita sudah sedikit mengenal alat Defibrillator dan juga fungsinya. Lalu, bagaimana cara kerja alat ini ? Alat ini didesain dengan menggunakan tenaga baterai. Kemudian terhubung pada transformator step-up untuk menaikan tegangan hingga akan menhasilkan energi 360 joule. Di dalamnya terdapat juga sebuah kapasitor yang berfungsi untuk menyimpan dalam waktu sementara, kemudian melepaskannya secara cepat dalam waktu beberapa detik pada jantung. Karena stimulus tersebut, otot jantung kembali terpacu untuk memulai detaknya dengan normal.

Jenis Defibrillator

Secara umum terdapat dua macam jenis defibrillator yakni defibrillator manual dan otomatis. Defibrillator otomatis ini didesain untuk dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. Dengan sistem otomatis, orang awam sekalipun dapat menggunakan alat ini melalui panduan suara (protokol) suara yang terdapat pada alat. Untuk defibrillator manual, secara khusus digunakan untuk para tenaga medis yang berpengalaman di rumah sakit atau di ambulance.

Harga Alat Defibrillator

Berapa harga alat defibrillator menurut anda ? Sebenarnya alat ini tergolong alat elektronik dengan berbagai macam modul mikro komputer di dalamnya. Namun kegunaanya dan juga rancangannya cukup membuat alat ini mahal. Anda bisa cek di toko alat medis yang jual defibrillator dengan berbagai macam merk dan spesifikasi. Harga paling murah untuk alat ini minimal lebih dari 20 jutaan. Sungguh angka yang cukup mahal untuk sebuah alat dengan ukuran yang cukup kecil.