Destinasi Wisata Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Semarang adalah satu diantara kota paling besar di Jawa Tengah yang jadi satu diantara pusat arah wisata baik pelancong lokal atau internasional. Satu diantara objek yang populer ialah Kota Lama Semarang .

Kota Lama Semarang adalah satu lokasi yang penuh dengan bangunan-bangunan masa kolonial. Khasnya, walaupun bangunan-bangunan ini telah berumur 200-300 tahun, banyak diantarabnya yang masihd alam situasi begitu baik serta berperan normal.

Kota Lama Semarang telah ramai sejak era ke 17. Waktu itu lokasi kota lama adalah satu diantara pusat perdagangan di Indonesia. Pada era ke 18 sampai ke 19, banyak pedagang Cina dan Arab penuhi kota Semarang.

Pelabuhan Semarang adalah satu diantara pelabuhan paling besar di Indonesia waktu itu. Bangunan-bangunan yang berdiri istimewa di lokasi kota lama, jadi saksi serta bukti dari kejayaan Semarang di masa itu.

Di lokasi Kota Lama Semarang dapat di nikmati bangunan-bangunan dengan arsitektur masa kolonial yang kental. Kelihatan pada jalannya yang tidak diaspal tetapi memakai tehel yang memang sejak dahulu jadi tanda-tanda lokasi Kota Lama. Dalam lokasi Kota Lama itu masih ada banyak bangunan ikonik.

Bangunan ikonik itu diantaranya Gereja Blenduk yang dibuat era 18 serta Jembatan Mberok yang dibuat pada era ke 17.

Beberapa bangunan lama masa kolonial ada juga yang dialih-fungsi untuk kantor, seperti Gedung Balai Kota yang sekarang jadi Gedung Keuangan PAPAK. gedung Gouvernements yang awalannya adalah gedung Societiet De Harmonie yang sekarang jadi Bank Mandiri KC Mpu Tantular.

Baca juga : Destinasi Wisata Air Terjun Jogja

Lokasi Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang

Lokasi kota lama semarang adalah satu blok lokasi yang berada di pinggir sungai Mberok. Dengan administratif lokasi ini masukd alam daerah Tanjung Emas, kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Rute serta Langkah Ke arah Kota Lama Semarang

Bila Anda ingin ke Kota Lama Semarang tak perlu cemas sebab tempatnya strategis bisa dicapai dari arah mana saja. Untuk yang hadir dari arah kota Demak dapat melalui jalan terminal Terboyo sampai Jalan Raden Patah, Kota Lama.

Jarak tempuh yang diperlukan seputar 60 menit. Untuk yang hadir dari arah Ungaran, pilih jalan ke arah Banyumanik Peterongan lalu jalan MT Haryono lurus selalu sampai bundara Bubakan. Di bundaran ini, Anda pilih Cendrawasih, Kota Lama Semarang. Jarak yang ditempuh kurang lebih 50 menit.

Untuk pelancong yang hadir dari arah barat seperti Kendal dan lain-lain, pilih jalan ke Mangkang lalu lurus sampai Bundaran Kali Banteng. Dari sini, Anda pilih jalan ke arah Semarang kota lalu masuk Bundaran Tugu Muda lurus sampai berjumpa Lawang Sewu, selalu ke JL. Pemuda sampai Pasar Johar Semarang. Pilih jalan kekiri sebab ini adalah jalan satu arah jadi jangan pernah salah belok lalu lurus saja sampai jumpa di lokasi Kota Lama. Jarak tempuh yang diperlukan kurang lebih 45 menitan.

Baca juga : Tujuan Wisata Bukit Panguk Kediwung Jogja

Jam Buka Kota Lama Semarang

Ruang kota lama semarang membuka 24 jam. Tetapi untuk berekreasi semestinya dikerjakan siang hari. Ini sebab lokasi-lokasi dalam ruang cuma dibuka pada siang hari saja.

Tiket Masuk Lokasi Kota Lama Semarang

Untuk masuk ke ruang kota lama semarang, pengunjung tidak diambil cost, alias gratis. Tetapi bukan bermakna uang tidak dibutuhkan waktu berekreasi di sini.

Pengunjung semestinya mempersiapkan uang untuk dapat memakai beberapa sarana berbayar seperti sewa sepeda onthel serta sewa vesapa. Demikian pula untuk berkunjung ke objek berbayar, seperti musium 3D serta café café beraksitektur kolonial.

Fasilitas Pendukung Pariwisata di Kota Lama Semarang

Sarana publik simpatisan wisata di kota lama semarang ini termasuk komplet serta baik. Sarana Mushola, jalan, Toilet, sampai tempat sampah ada dalam jumlahnya mencukupi serta dengan situasi baik.

Sarana berbayar seperti rumah makan, ada. Bahkan juga untuk café tempat minum dan makan di lokasi ini termasuk unik. Sebab tidak hanya jadi tempat makan minus, bangunan kafe tersebut ialah sebauh tempat wisata, sebab dibuat dengan mengalihfungsikan gedung gedung tua.