Bagaimana Cara Sehat Diet Oatmeal Instan?

Olahan Quaker Oat

Bagi Anda yang merasa bahwa berat badan Anda terlalu berlebihan, bisa nih melalukan diet sehat. Diet merupakan progam untuk menurunkan berat badan dengan membatasi konsumsi makanan tertentu, seperti : makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Salah satu makanan yang rendah lemak dan karbohidrat serta menyehatkan adalah oatmeal. Lalu pertanyaanya apakah oatmeal bisa menjadi menu diet?

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 1.200 hingga 1.600 kalori setiap hari. Sehingga, untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif, seharusnya cukup mengurangi sekitar 500-1,000 kalori setiap hari. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak mengurangi kalori dapat memperlambat metabolisme tubuh.  Lalu bagaimana sih cara melakukan diet dengan oatmeal yang tepat?

Diet oatmeal biasanya berlangsung 2 minggu. Untuk minggu pertama Anda diwajibkan untuk makan pagi, makan siang, dan malam hanya dengan memakan oatmel bubur gandum utuh. Setelah minggu pertama, lakukanlah pengurangan frekuensi makan oatmeal satu sampai dua kali saja, dengan satu kali makan makanan berat yang memiliki kalori tidak lebih dari 1300 kalori per hari. Dalam menjalankan program diet ini sangat disarankan untuk diimbangi dengan olahraga dan mengkonsumi asupan buah dan sayur. Selain itu, Anda juga boleh mengonsumsi havermut instan.

Berani diet dengan cara di atas? Jika diet dengan oatmeal selama minggu pertama penuh dengan makan oatmeal terasa berat,  Anda juga dapat melakukan diet oatmeal dengan memakannya satu sampai dua kali saja, dan ingat tidak boleh melebihi 1300 kalori perhari untuk makanan beratnya. Asalkan rutin melakukan program diet ini, pasti deh Anda akan merasakan hasilnya. Toh oatmeal juga merupakan makanan yang sehat kan? Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara meracik oatmeal yag tepat?

Raciklah bubur oatmeal sesuai degan takaran saji per sekali makan. Caranya adalah dengan menyeduh oatmeal ditambah sedikit susu skim atau yogurt lowfat dan tambahkan beberapa irisan buah serta topping lainnya di ataanya. Untuk makan besar dalam minggu kedua, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, seperti steak daging tanpa lemak, dada ayam panggang, serta menu ikan-ikanan. Sebagai selingan, Anda bisa memilih camilan yang rendah kalori setelah makan malam. Selain itu banyak-banyaklah makan sayur  dan buah untuk dapat membantu Anda menjalani diet ketat dan monoton, seperti diet oatmeal.

Oat merupakan gandum utuh, yang termasuk karbohidrat kompleks sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama biar bisa dicerna oleh tubuh. Sifat oatmeal ini menjadikan Anda makan lebih sedikit tapi dapat menimbulkan kenyang lebih lama. Karbohidrat yang Anda dapatkan dalam semangkuk oatmeal adalah 28 gram.

Gandum utuh memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan biji-bijian atau olahan lahin seperti havermut instan. Semangkuk oatmeal yang memiliki berat sekitar 250 gram yang telah dimasak dengan air hanya mengandung sekitar 1,5 gram lemak dan 160 kalori. Nilai kalori yang rendah ini karena oatmeal memiliki kandungan serat. Sehingga, semangkuk oatmeal akan mencukupi 4 gram serat makanan, dari total kebutuhan serat harian tubuh, sebanyak 25 gram.

Olahan Quaker Oat
Olahan Quaker Oat

Oatmeal jmengandung 2 persen kalsium serta 6 persen zat besi harian yang baik untuk tubuh. Selain itu, dengan memakan oatmeal Anda juga akan terhidar dari penyakit jantung, kanker usus bear. Hal ini dikarenakan biji-bijian utuh seperti gandum dapat mengurangi tekanan darah dan memperlancar pencernaan.

Efek Samping Diet Oatmeal

Meskipun diet oatmeal tergolong baik dan sehat, Anda juga harus hari-hati dengan efek samping yang mungkin terjadi jika tidak diikuti dengan aturan diet yang benar dan komitmen dari Anda. Apa saja kira-kira efek samping dari diet oatmeal? Berikut pembahasan dari tim ginanjarherbal:

1. Diet oatmeal bersifat mengekang

Efek dari diet oatmel adalah rasa bosan yang menyerang, jika dihadapkan dengan oatmeal secara terus menerus. Hal ini lah yang akan memicu Anda kehilangan komitmen diet, sehingga Anda akan tergoda untuk menyerah atau tetap memakan makanan berat berkali-kali.

2. Mengganggu metabolism tubuh

Diet oatmeal sangat rendah kalori dan rendah lemak, padahal seperti dibahas di atas bahwa tubuh membutuhkan kalori dalam kadar tertentu setiap harinya. Jumlahasupan kalori dari diet ini akan terlalu rendah akan mengganggu proses metabolism tubuh. Sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan aturan diet oatmeal  dengan sedikit menaikkan jumlah kalori.

Nah, itu di atas adalah penjelasan bagaimana cara melakukan diet oatmeal instan yang tepat. Ohya meskipun dijudul penulis menggunakan oatmeal instan, namun alangkah baiknya dalam melakukan diet menggunakan oatmeal yang mengandung gandum utuh ya, karena efeknya lebih baik daripada menggunakan oatmeal instan. Akhir kata, terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat sebagai bahan referensi Anda dalam melakukan diet sehat.