Cara Merawat Motor Injeksi Yang Baik dan Benar

Motor matic injeksi memiliki teknologi yang modern atau mutakhir yang mana dapat menekan pemakaian bahan bakar bensin dan menjadikan mesin lebih awet dan berumur panjang dibandingkan dengan motor matic yang mesin karburator.


Untuk menjaga performa atau kinerja dari motor matic injeksi agar tetap irit. Berikut beberpa tips merawat motor matic injeksi yang sering diabaikan oleh para driver:

MEMANASKAN MESIN DI AWAL START

Wajib memanaskan mesin di pagi hari atau pada saat motor baru digunakan. Tujuan ini adalah, supaya proses pembakaran di dalam mesin motor lebih baik atau sempurna sebelum di gunakan.
Selain itu, pemanasan di awal sebelum digunakan juga agar oli mesin dapat melumasi seluruh bagian mesin motor, dan juga supaya temperature mesin motor menjadi tetap stabil. Lakukanlah pemanasan motor selama 5 atau 10 menit.

KENDARAI MOTOR DENGAN BAIK

Jangan terlalu sering mengendarai motor dengan kebut-kebutan atau kecepatan tinggi, dan mengerem secara mendadak atau secara tiba-tiba kemudian menjalankan motor kembali dengan kecepatan tinggi lagi, atau sebaliknya.
Jika sering anda lakukan, maka motor anda akan memiliki usia pendek atau tidak panjang alias cepat rusak.
Note : Motor matic beda halnya dengan motor gigi atau manual dalam perpindahan persenelingnya. Oleh karena itu, gunakanlah motor matic dengan sewajarnya agar mesin motor matic kalian tetap awet.

SELALU MENGECEK KONDISI BAHAN BAKAR BENSIN

Ketika kita mengabaikan kondisi bahan bakar bensin motor matic injeksi kita, dapat menyebabkan motor matic injeksi kita menjadi lebih cepat rusak. Selalu periksa kondisi bahan bakar bensin dalam tangki bahan bakar motor matic kalian. gadai bpkb mobil di depok
Jangan sampai tangki bahan bakar motor anda dalam keadaan kosong, Motor matic injeksi jangan sampai dalam keadaan kosong atau kehabisan bahan bakar bensin, sebab dapat menyebabkan motor matic injeksi mengakibatkan mogok.

GANTI OLI MESIN SECARA TERATUR

Gantilah oli mesin motor matic injeksi kalian teratur atau rutin dan juga sesuai dengan buku manual. Pergantian oli mesin motor matic injeksi yang dapat dianjurkan adalah setiap kali pemakaian 1800-2500 KM. Mengabaikan pergantian oli mesin motor matic dapat membuat elemen-elemen atau komponen mesin motor kalian menjadi cepat aus atau bahkan rusak.

Note : Ganti oli mesin motor matic injeksi anda dengan oli mesin yang SNI atau standar sesuai anjuran oleh dealer atau bengkel resmi motor matic injeksi anda.