Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet! Cuss Kepoin!

Haii teman teman semua! Jadi pada artikel kali ini, aku bakal kasih tau cara menyimpan sayuran di kulkas yang benar agar sayuran yang kalian simpan dapat tahan lama dan tidak mudah busuk.

Kalian semua pasti sudah tau bahwa sayuran merupakan salah satu jenis bahan pangan yang sangat menyehatkan tubuh. Maka dari itu kita harus senantiasa mengkonsumsi sayuran setiap hari nya.

Terlebih lagi pada saat ini yaitu sedang marak nya virus corona di dunia. Jadi kita harus mengkonsumsi makanan yang berserat agar tubuh kita selalu sehat dan akan terhindar dari virus corona.

Akan tetapi pada masa pandemi seperti ini, kita dilarang oleh pemerintah untuk terlalu sering keluar rumah. Maka dari itu, kita harus berdiam diri di rumah untuk memutus rantai persebaran virus corona ini.

Jadi kita tidak dapat keluar terlalu sering untuk berbelanja kebutuhan kita sehari hari terutama sayuran yang mudah busuk.

Tetapi ada solusi nya lohh, kita bisa membeli sayuran dalam jumlah yang banyak dan cukup untuk memenuhi untuk beberapa hari kedepan.

Sayuran merupakan bahan pangan yang mudah membusuk, oleh karena itu kita dapat mengatasi nya dengan cara menyimpan sayuran tersebut dengan baik dan benar supaya tidak mudah busuk.

Namun sebelum kita membahas tentang cara menyimpan sayuran di kulks, yukk simak penjeasan berikut ini mengenai sayuran yang perlu kalian ketahui.

Sayuran

Sayur merupakan seluruh jenis tanaman yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Bagian sayuran yang dapat dikonsumsi ini sangat banyak. Mulai dari akar, batang, daun, biji, bunga ataupun bagian lain yang dapat digunakan dan di olah menjadi menu masakan.

Menurut pengertian yang lain, sayuran adalah sebutan yang umum bagi bahan yang berasal dari tumbuhan dan biasa nya mengandung kadar air di dalam nya dan juga dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah menjadi menu makanan.

Sebutan untuk beraneka jenis sayuran yaitu disebut sebagai sayur sayuran atau dapat juga disebut sebagai sayur mayur. Kemudian jika kita mengkonsumsi makanan yang masih mentah itu disebut sebagai lalapan.

Fungsi Sayuran

1. Mengatur Metabolisme Tubuh

Di dalam sayuran itu mengandung zat gizi yang dapat berfungsi mengatur metabolisme tubuh atau proses kerja tubuh kita.

Zat yang mengatur metabolisme ini terdiri dari air, vitamin, dan juga mineral. Zat gizi tersebut banyak terdapat pada jenis makanan yang berasal dari buah buahan dan juga sayur sayuran.

2. Mencegah Penyakit

Buah dan sayuran mengandung serat d dalam nya dengan nutrisi yang melindungi tubuh kita dari penyakit. Senyawa tanaman yang yang berada dalam buah buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko penjakit jantung.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa buah buahan dan juga sayuran dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Tekanan darah yang meningkat dapat menyebabkan risiko terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Pola makan yang mencakup buah buahan dan juga sayur sayuran dapat mengurangi risiko kanker. Selain menyediakan vitamin dan mineral yang penting, makanan nabati ini mengandung phytichemical yang menuru penelitian mungkin dapat memiliki manfaat pada kesehatan.

Serta pada sejumlah komponen ini masih didefinisikan dan juga diuji untuk manfaat kesehatan nya.

3. Pengendali Berat Badan

Sebagian besar buah buahan dan juga sayuran memiliki kalori yang rendah dan juga serat yang tinggi. Jika anda mengkonsumsi serat maka hal ni tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Studi menunjukan bahwaorang orang yang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah buahan dan juga sayuran akan memiliki berat badan yang lebih sedikit dari pada orang yang menghindari serat.

Cara lain buah buahan dan sayuran akan membantu kalian tetap langsing yaitu, makanan kaya serat akan di cerna lebih lambat daripada makanan lain yang akan membantu menangkal penurunan kadar gula darah.

Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan ngemil tanpa berfikir dan penambahan pada berat badan.

Yaa udah yukk simak cara menyimpan sayuran di kulkas yang baik dan benar agar sayuran yang kalian simpa lebih tahan lama!

10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama :

1. Pilihlah Sayuran Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Cara yang pertama untuk menyimpan sayuran agar tidak mudah busuk adalah dengan memilih sayuran yang akan kamu beli terlebih dahulu.

Bahkan sayuran yang kalian beli di supermarket pun biasa nya pasti memiliki bagian yang sudah berwarna kekuningan ataupun kecoklatan.

Maka dari itu buang bagian yang sudah berubah warna ini agar tidak menjalar ke area lain serta potong bagian akar pada sayuran tersebut.

2. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum Disimpan

Setelah kalian membeli sayuran, langsung cuci bersih sayuran pada setiap bagian nya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Jika bisa gunakan lah sabun anti bakteri untuk mencuci nya.

Jika kalian menggunakan sabun anti bakteri, maka seluruh bakteri dan juga kotoran yang menempel pada sayuran akan lepas dari permukaan nya.

Bakteri dan kotoran merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat proses pembusukan pada sayuran.

Namun jika kalian sudah selesai mencuci nya, jangan lupa untuk mengkeringkan sayuran sebelum memasukan nya ke dalam kulkas.

3. Bungkus dengan Kertas atau Plastik

Tidak lah dianjurkan untuk menyimpan sayuran di wadah yang tertutup rapat. Hal ini dikarenakan sayuran juga membuuhkan oksigen untuk bernafas dan bertahan hidup.

Sebaiknya kalian bisa menggunakan kertas atau dengan menggunkan platik yang di vacuum. Maka dari itu jika kalian ingin memvacuum plastik tersebut, kalian bisa menggunakan alat vacuum sealer.

Kertas dapat mencegah suhu pada kulkas menyerap ke dalam sayuran, sementara jika kalian menggunakan plastik berlubang atau plastik vacuum akan memberi akses aliran udara pada sayuran.

Akan tetapi khusus untuk jamur, sangat diwajiba untuk di simpan di dalam kertas. Karena jamur merupakan makanan yang lembab dan mudah membusuk jika di simpan di dalam plastik.

4. Pisahkan Sayuran dengan Buah-buahan

Kalian harus menyimpan sayuran dan juga buah buahan secara terpisah. Karena bah buahan dapat menghasilkan zat etilen yang dapat mempercepat proses pematangan pada bahan makanan segar.

Pada akhir nya hal ini akan menyebabkan proses pembusukan pada sayuran terjadi lebih cepat. Jika kalian ingin menyimpan sayuran dan bisa bertahan hingga tiga hari tanpa membusuk.

Maka kalian harus menyimpan nya di dalam rak khusus sayuran, terpisah dari buah buahan dan juga bawang bawangan.

5. Usahakan Menyimpan Sayuran dalam Bentuk yang Utuh

Sangat dianjurkan untuk kalian menyimpan sayuran dalam bentuk yang masih utuh tanpa memotong nya terlebih dahulu.

Jika kalian memotong sayuran sebelum di simpan maka akan membuat nya mudah kering dan membusuk.

Kalian hanya perlu memotong bagian akar nya saja pada sayuran yang akan kalian simpan nanti nya.

6. Cek Suhu Di dalam Kulkas dengan Teratur

Cara menyimpan sayuran agar tidak mudah busuk berikutnya adalah dengan mengcek suhu pada kulkas secara teratur.

Suhu yang baik digunakan untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas adalah 1 hingga 4 derajat celcius.

Bila suhu yang digunakan lebih tinggi, maka akan menyebabkan bakteri mudah berkembang dan akan membuat aroma serta cita rasa pada sayuran menjadi tidak sedap.

7. Periksa Kondisi dan Kualitas Sayuran Secara Berkala

Ketika kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas, maka kalian tidak dapat membiarkan nya selama berhari hari.

Sayuran sebaiknya di simpan tidak lebih dalam waktu 3 hari agar kesegaran dari sayur tersebut tetap terjaga.

Jika kalian ingin menyimpan nya lebih dari 3 hari, maka pastikan untuk selalu mengecek sayuran tersebut setiap hari nya

Segera lah untuk membuang bagian sayuran yang sudah mulai layu, menguning, atau bahkan sudah membusuk agar tidak mengontaminasi sayuran yang lain nya.

8. Tata Sayuran Sesuai dengan Jenis nya Di dalam Rak yang Berbeda

Kulkas pada umum nya memiliki 3 sampai 4 rak untuk menyimpan makanan. Jadi pergunakan lah rak tersebut dengan baik untuk menyusun sayuran sesuai dengan jenis sayuran tersebut.

Letak kan sayuran berdaun hijau seperti kagkung, sawi, dan bayam pada rak bagian bawah. Karena suhu di rak paling bawah cenderung stabil sehingga aman untuk menyimpan sayuran yang lebih rentan busuk.

Kemudian untuk sayuran yang memiliki kadar air yang rendah seperti wortel, kol, buncis, dan juga kacang panjang dapat di simpan pada rak bagian tengah.

Selanjutnya unuk rak bagian atas dapat digunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi sepert mentimun, cabai, terong, dan juga paprika.

Maka dari itu tips ini dapat membantu kalian jika kalian ingin mengecek kondisi sayuran nanti nya.

Itu dia artikel tentang cara menyimpan sayuran di kulkas yang baik dan benar agar sayuran yang kalian simpan menjadi tahan lama dan tidak cepat busuk.

Jika kalian ingin tau cara menyimpan sayuran yang lain nya, maka kalian bisa melihat nya pada artikel yang sebelum nya sudah saya buat, yaitu Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas ini yaaa.

Terima kasih semua, semoga artikel ini dapat membantu kalian disaat kalian akan menyan sayuran. Sampai jumpa lagi pada artike berikutnya!