Cara Menghilangkan Noda di Jok Mobil Berbahan Kain yang Mudah

cara menghilangkan noda di jok mobil

Adanya noda di jok mobil merupakan hal yang wajar apalagi jika setiap hari menggunakan mobil tersebut. Bisa karena minuman atau makanan yang tumpah, debu dari jalanan, dan lain-lain. Berikut ini merupakan cara menghilangkan noda di jok mobil dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Siapkan Perlengkapan

Perlengkapan untuk membersihkan jok mobil dari noda berupa sikat berbulu lembut, kain atau handuk, spons, ember, dan cairan pembersih. Untuk perlengkapan, sesuaikan dengan jenis kain pada jok mobil. Misalnya untuk cara menghilangkan noda di jok mobil beludru bisa menggunakan cairan pembersih khusus agar lebih aman untuk kain.

baca juga: cuci jok mobil Jakarta Barat

Membersihkan Debu dan Partikel Kecil

Sebelum menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda, pastikan debu yang menempel pada jok sudah hilang. Jika masih ada kotoran di celah-celah kecil, gunakan sikat kecil untuk mengeluarkannya kemudian sedot dengan vacuum cleaner. Gunakan penyedot debu untuk mobil yang ukurannya pas.

Membersihkan Noda pada Jok Mobil

Cara menghilangkan noda di jok mobil berikutnya adalah membersihkan noda dengan cairan pembersih. Gunakan cairan khusus, terutama untuk kain beludru, dengan cara menyemprotkannya ke bagian noda dan tunggu beberapa saat. Atau bisa menggunakan cairan pembersih buatan sendiri.

Untuk membuat cairan pembersih, tuangkan air hangat ke dalam ember dan tambahkan deterjen cair kemudian aduk. Bersihkan noda pada jok mobil dengan sikat berbulu lembut atau spons lembut. Gosok dengan perlahan dan satu arah agar jok tidak rusak.

baca juga: jasa cuci karpet Jakarta Selatan

Keringkan Jok Mobil

Setelah semua noda dirasa cukup bersih, keringkan dengan sempurna agar tidak muncul bau tidak sedap maupun jamur. Agar cara menghilangkan noda di jok mobil kain saat mengeringkan mudah, bisa dengan melepas jok sebelum proses membersihkan.

Untuk pengeringan bisa menggunakan kain bersih atau dengan hair dryer. Selain itu bisa menjemur jok mobil. Tetapi jangan sampai terlalu lama agar warna jok tidak mudah dan menjadi tidak bagus lagi.

Cara menghilangkan noda di jok mobil akan efektif dan aman untuk jok jika dilakukan dengan baik dan benar. Selain itu, membersihkan jok mobil harus rutin agar noda tidak terlalu menumpuk dan semakin sulit hilang.