Cara Menggunakan Instagram untuk Bisnis: Panduan Praktis 6 Langkah

Lebih dari 25 juta perusahaan di seluruh dunia sudah menggunakan Instagram untuk bisnis, dan lebih dari 200 juta pengguna mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari.

Ketika Facebook memfokuskan kembali pada menghubungkan orang-orang dengan konten dari keluarga dan teman-teman, Instagram telah menjadi “rumah baru untuk merek,” di mana keterlibatan tinggi, pengikut setia merek, dan tujuan bisnis nyata jual videotron dapat dicapai.

Inilah semua yang Anda ketahui tentang cara menggunakan Instagram untuk bisnis — apakah Anda baru memulai atau Anda hanya perlu memperbaiki strategi yang ada.
Bonus: Unduh daftar periksa gratis yang mengungkapkan sewa videotron langkah-langkah tepat yang digunakan fotografer gaya hidup untuk tumbuh dari 0 hingga 600.000 pengikut di Instagram tanpa anggaran dan tanpa peralatan mahal.

Langkah 1: Dapatkan akun bisnis Instagram
Jika Anda sudah memiliki akun Instagram pribadi dengan konten yang sesuai dengan merek dan pengikut yang mapan, Anda mungkin ingin mengonversinya menjadi akun bisnis Instagram. Ini memberi Anda akses ke semua fitur bisnis tetapi membuat transisi menjadi mulus untuk pengikut yang ada.

Anda juga dapat memilih untuk membuat akun bisnis Instagram yang baru. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda tidak memiliki akun pribadi yang ada, atau jika akun pribadi Anda tidak secara akurat mewakili bisnis Anda.

Cara mengatur akun bisnis Instagram dari awal
Unduh aplikasi Instagram untuk iOS, Android, atau Windows.
Buka aplikasi dan ketuk Mendaftar.
Masukkan alamat email Anda dan ketuk Berikutnya. Jika Anda ingin menghubungkan akun bisnis Instagram Anda ke Halaman Bisnis Facebook Anda, pastikan untuk menggunakan alamat email admin untuk mendaftar, atau ketuk Masuk dengan Facebook.
Pilih nama pengguna dan kata sandi Anda dan isi informasi profil Anda. (Kami akan membahas cara mengoptimalkan informasi profil bisnis Instagram Anda nanti di pos ini.)
Ketuk Selesai.
Anda sekarang memiliki akun Instagram pribadi yang siap dikonversi ke akun bisnis. Lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Cara mengonversi akun Instagram pribadi ke akun bisnis
Masuk ke akun Instagram pribadi Anda yang ada di aplikasi.
Ketuk ikon profil untuk membuka profil Anda.
Ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar, lalu ketuk Pengaturan.
Ketuk Beralih ke Profil Bisnis, lalu Lanjutkan.
(Opsional) Jika Anda ingin menghubungkan akun bisnis Instagram Anda ke halaman bisnis Facebook Anda, ikuti petunjuk untuk melakukannya.
Tambahkan informasi kontak: Akun Instagram untuk bisnis Anda harus menyertakan alamat email, nomor telepon, atau alamat fisik (atau semuanya).
Ketuk Selesai.
Langkah 2: Buat strategi Instagram yang unggul
Tentukan audiens target Anda
Sebelum Anda dapat memutuskan konten apa yang akan dikirim di Instagram, Anda perlu memikirkan siapa yang akan melihatnya.

Sebagian besar pengguna Instagram berusia di bawah 35 tahun, dengan pemisahan yang cukup dekat antara pengguna pria dan wanita. Amerika Serikat memiliki jumlah pengguna Instagram terbesar, diikuti oleh India, Brasil, dan Indonesia. Itu informasi yang bagus untuk memulai, tetapi Anda harus melampaui keseluruhan demografi Instagram ini untuk menetapkan target audiens yang unik untuk merek Anda.

Karena mendefinisikan pasar target Anda adalah salah satu bagian terpenting dari strategi pemasaran Anda untuk alat pemasaran apa pun, kami telah membuat panduan langkah demi langkah yang menjelaskan semua detail. Ini versi singkatnya:

Tentukan siapa yang sudah membeli dari Anda.
Periksa analitik di saluran media sosial Anda yang lain untuk mengetahui siapa yang mengikuti Anda di sana.
Lakukan riset pesaing secara menyeluruh.
Buat pernyataan nilai yang jelas untuk merek Anda.
Setelah Anda memahami siapa audiens Anda, pikirkan konten seperti apa yang ingin mereka lihat dari Anda. Konten apa yang mereka posting di akun mereka sendiri? Bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing Anda atau merek serupa?

Tetapkan tujuan dan sasaran
Mengetahui apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan Instagram untuk bisnis adalah tahap pertama dalam menciptakan strategi Instagram yang efektif. Memahami tujuan Anda membuat Anda tetap pada jalurnya dan memungkinkan Anda memusatkan semua upaya Anda untuk mencapai tujuan bisnis nyata.

Tujuan yang efektif mengikuti kerangka kerja SMART. Itu berarti mereka adalah:

Spesifik
Terukur
Dapat dicapai
Relevan, dan
Tepat waktu
Saat Anda membangun kehadiran Instagram Anda, tidak apa-apa untuk memiliki sasaran berdasarkan metrik kesombongan seperti suka, ikuti, dan komentar. Tetapi pastikan Anda juga menetapkan tujuan yang berhubungan dengan tujuan bisnis nyata. Yang mengarahkan kita ke …

Fokus pada metrik kinerja yang tepat
Metrik yang tepat untuk diukur dan dilacak akan bervariasi untuk setiap bisnis. Namun, secara umum, Anda harus fokus pada metrik yang terkait dengan saluran sosial.