Cara Mempertahankan Kekuatan Beton

Carbon fiber reinforced polimer (CFRP) adalah jenis bahan komposit yang terdiri dari serat karbon dan polimer. Serat karbon memberikan kekuatan dan kekakuan sementara polimer bertindak sebagai matriks kohesif untuk melindungi dan menyatukan serat. CFRP diproduksi sebagai strip, batangan, dan lembaran menggunakan teknik produksi berbeda seperti gulungan filamen, pultrusion, dan proses lay-up tangan.

Bahan CFRP memiliki kekakuan yang baik, kekuatan tinggi, kepadatan rendah, tahan korosi, tahan getaran, tegangan ulir tinggi, ketahanan lelah tinggi, dan konduktivitas termal yang rendah. Mereka adalah konduktor listrik yang buruk dan tidak bersifat magnetis.

CFRP menyediakan solusi untuk banyak masalah yang terkait dengan kerusakan dan penguatan infrastruktur seperti jembatan dan bangunan. Menggunakan palang penguat CFRP dalam beton baru dapat menghilangkan potensi masalah korosi dan secara substansial meningkatkan kekuatan struktural anggota.

Penggunaan efektif polimer yang diperkuat serat karbon secara signifikan dapat meningkatkan umur struktur, meminimalkan kebutuhan perawatan. Serat karbon juga telah digunakan sebagai penguat untuk plastik ablatif dan untuk penguat untuk struktur yang ringan, kekuatan tinggi dan kekakuan tinggi.

Baca Juga : Harga Genteng

Properti CFRP

  1. Tahan alkali.
  2. Ketahanan korosi itulah sebabnya digunakan untuk kontrol korosi dan rehabilitasi struktur beton bertulang.
  3. Ini memiliki konduktivitas termal yang rendah.
  4. CFRP memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi dan karenanya menghilangkan persyaratan peralatan konstruksi berat dan struktur pendukung.
  5. Perlu waktu penyembuhan yang singkat. Karena itu, aplikasi membutuhkan waktu yang lebih singkat. Ini mengurangi durasi proyek dan waktu henti struktur secara luas.
  6. CFRP memiliki strain utama yang tinggi
  7. Resistensi kelelahan tinggi. Jadi, mereka tidak mengalami degradasi, yang dengan mudah mengurangi persyaratan pemeliharaan yang sering.
  8. CFRP adalah konduktor listrik yang buruk dan tidak bersifat magnetis.
  9. Karena ringan, komponen prefabrikasi di CFRP dapat dengan mudah diangkut. Ini dengan demikian mendorong konstruksi prefabrikasi, mengurangi biaya tenaga kerja di lokasi dan persyaratan investasi modal.

Aplikasi CFRP dalam Struktur Beton

1. Strip CFRP

Ada banyak teknik yang menggunakan strip CFRP, laminasi untuk memperkuat struktur beton seperti lembar CFRP yang diikat secara eksternal dan FRP Near Surface Mounted. Kinerja metode penguatan tergantung pada kekuatan perekat yang digunakan untuk mengikat CFRP ke permukaan beton dan tingkat stres pada antarmuka beton dan CFRP.

CFRP digunakan untuk memperkuat jembatan jalan baja lebih mudah dan murah. Strip CFRP hanya 20% dari berat strip produk serupa yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi tetapi setidaknya empat kali lebih kuat. Rasio kekuatan tinggi terhadap beratnya membuat strip CFRP mudah untuk menangani dan mengurangi biaya pemasangan. Strip CFRP dengan ketebalan hanya 8 mm telah digunakan untuk memperkuat jembatan jalan di Rochdale, Inggris.

2. Wraps CFRP

Pembungkus CFRP digunakan untuk rehabilitasi kolom batu. Wraps CFRP digunakan untuk kontrol korosi dan rehabilitasi kolom beton bertulang. Mereka juga digunakan untuk konstruksi bangunan tahan gempa.

Baca Rekomendasi : Harga Genteng Metal

Penambahan lembaran CFRP sangat meningkatkan kapasitas momen lentur ultimate dari dinding geser yang dipasang. Namun, agar lembaran FRP membawa beban aksial tinggi yang dihasilkan dari momen lentur yang dikenakan pada dinding geser, lembaran CFRP harus ditambatkan secara memadai di dasar dinding.

3. Laminasi CFRP

Ekspansi Termal Rendah CFRP Laminasi digunakan untuk memperkuat bagian struktural seperti balok pada bangunan dan balok utama pada jembatan. CFRP digunakan untuk memperkuat jembatan jalan baja lebih cepat, murah dan mudah.

4. CFRP Bars

Palang CFRP telah dalam pembangunan gedung baru dan memperkuat struktur beton bertulang menggunakan teknik Penguatan CFRP dipasang di dekat Permukaan.