Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Hunian Nyaman

Cara Memilih Karpet

Memilih sebuah karpet yang tepat untuk hunian bukanlah hal yang mudah. Meskipun terkesan sepele namun karpet mampu memberikan perbedaan setelah diletakkan pada suatu ruangan. Bahkan dampak ini bisa sangat besar dan mempengaruhi suasana di ruangan.

Membeli sebuah karpet tidak hanya berdasarkan pada motif atau warna yang kita suka melainkan juga perlu memperhatikan aspek fungsi berdasarkan ruangan, kegunaan, atau gambaran bagaimana suasana ruangan tersebut nantinya sesudah karpet diletakkan.

Cara Memilih Karpet

Anda tentu tak ingin membuang uang hanya karena karpet mahal yang anda beli tidak cocok atau salah tempat, atau malah akan mengganggu fungsi dan ketenangan ruangan di rumah anda. Nah, berikut ini tips atau cara yang tepat dalam memilih karpet lantai untuk hunian yang sebaiknya anda tahu dan dipertimbangkan sebelum memutuskannya.

Pilih Bahan dan Material Karpet

Saat ini sudah banyak jenis karpet dengan bahan alami seperti rami, wol, dan lainnya. Karena itu pertimbangkan dalam memilih material karpet yang tepat terutama bila Anda alergi dengan debu atau ada anggota keluarga yang menderita asma. Hal ini penting agar keberdaaan karpet tidak malah mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Jenis bahan wol memang yang paling sering digunakan sebagai bahan karpet karena dinilai lebih mudah dibersihkan, lebih hangat, dan awet. Karena itu sebaiknya tanyakan pada penjual karpet tentang jenis bahannya dan pastikan bahan tersebut aman untuk di rumah Anda.

Sesuaikan Budget dan Pemeliharaan

Sebelum memilih sebaiknya sediakan dan hitung anggaran yang anda miliki. Anda bisa meminta penawaran harga dari beberapa penjual untuk dilakukan perbandingan sehingga diperoleh karpet yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Faktor pemeliharaan karpet sebaiknya juga dipertimbangkan dan pilih yang tidak mengeluarkan biaya lagi atau paling gampang dibersihkan.

Ternyata tidak mudah kan memilih karpet untuk rumah atau hunian anda. Memang dibutuhkan berbagai pertimbangan sebelum menentukan akan memilih yang mana yang terbaik untuk hunian Anda. Yang penting dalam tips memilih karpet yang tepat untuk tempat tinggal adalah dengan menyesuaikan penggunaan karpet dengan kondisi rumah maupun kebutuhan Anda sendiri.