Cara Membuat Kopi Hitam Yang Benar Dan Simpel

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ulasan, resep, dan cara membuat kopi hitam. Berikut ini merupakan ulasannya.

Pengertian kopi hitam

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji dari tanaman kopi.

Biji Kopi mempunyai keunggulan yang luar biasa ketika sudah disulap menjadi secangkir minuman yang enak. Selain dapat memberikan kenikmatan, kopi ternyata juga memberikan banyak manfaat yang besar bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan stamina.

Kandungan yang terdapat dari Kopi Hitam juga dapat membuat kita menjadi tahan melek atau susah untuk tidur, sehingga cocok diminum saat sehabis sarapan tepat sebelum kita melakukan aktifitas yang padat.

Cocok juga bagi anda yang sedang dikejar deadline dan mengharuskan untuk begadang, namun untuk hal ini lebih baik tidak usah dilakukan terlalu sering karena tidak tidur dimalam hari dapat mempengaruhi kesehatan.

Jika dilihat secara kasat mata, Cara Membuat Kopi Hitam memang sangatlah mudah, namun jika dirasakan dengan seksama dan dipahami secara benar-benar ternyata Cara Membuat Secangkir Kopi Hitam yang nikmat dan enak serta berkualitas itu sangat sulit dan tidak murah.

Sehingga tidak heran jika cafe-cafe dan kedai kopi yang menyajikan minuman ini banyak pilihan kopi, terkadang sampai mematok harga yang sangat mahal. Hal ini karena bahan dan alat yang digunakan untuk membuat kopi kualitasnya berbeda dengan bahan dan alat yang kita gunakan saat membuat kopi di rumah.

Tidak semua orang yang gemar minum kopi dan selalu bikin Kopi Hitam sendiri di rumah bisa membuat dan menghasilkan cita rasa Kopi Hitam yang nikmat.

Membuat Secangkir Kopi Hitam yang nikmat mempunyai tahapan-tahapan penting yang sangat mempengaruhi pada hasil dan cita rasa kopinya. Bagi para pecinta kopi harus tau rahasia untuk Membuat Kopi Hitam yang nikmat.

Baca juga: cara membuat coffee

 

Cara membuat kopi hitam

Tahapan – Tahapan Cara Membuat Kopi Hitam :

1. Kualitas air yang digunakan untuk menyeduh kopi tersebut harus diperhatikan. Jika kamu menggunakan air keran sebaiknya air disaring terlebih dahulu.

Kemudian kamu juga perlu perhatikan suhu saat proses perebusan air. Idealnya tidak boleh sampai mendidih yang bergolak jika kamu menggunakan coffeemaker.

2. Sebaiknya jika kamu beli biji kopi pilih yang belum digiling karena akan memberikan rasa lebih nikmat.

Jika membeli kopi yang sudah digiling dan digunakan untuk membuat kopi ini akan kehilangan rasa dan kesegarannya. Kemudian kamu bisa seduh kopi tersebut pada coffeemaker atau bisa juga langsung di dalam cangkir atau mug sebagai kopi tubruk.

3. Jika kamu menginginkan rasa pahit pada kopi hilang, taburi dengan sedikit garam pada cangkir untuk memberikan rasa lebih baik pada rasa kopi kamu.

4. Sajikan dan nikmati kopi hitam ini selagi masih hangat agar tak kehilangan rasa dan aromanya yang khas.

Jangan simpan kopi yang kamu buat ke dalam freezer atau lemari es, tapi simpanlah pada suhu ruang.

Rasa kopi juga dapat ditentukan oleh tempat penyimpanan yang digunakan. Suhu ruang dapat membuat rasa kopi menjadi enak dan kopi tersebut dapat bertahan lama, kurang lebih selama seminggu atau lebih.

Setelah selesai merebus air, diamkan air kurang lebih selama 30 detik sebelum dituangkan atau dicampurkan dengan kopi.

Bahan Membuat Kopi Hitam :

  • Bubuk Kopi Hitam secukupnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan
  • 1 sendok makan Gula, bisa sesuai dengan selera
  • Coklat Bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kopi Hitam :

  1. Panaskan dua cangkir air dengan menggunakan api sedang pada teko atau sejenisnya, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar ( seimbang ).
  2. Jika air sudah terasa panas atau hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk rata sampai air mendidih kemudian masukkan bubuk coklat.
  3. Siapkan saringan untuk kopi dari kain yang halus, dan dua buah mug sedang bisa juga menggunakan cangkir.
  4. Tuang Kopi Hitam Panas tadi ke salah satu mug atau cangkir sedang kemudian mulailah untuk menyaring Kopi Hitam ke dalam mug atau cangkir yang lain, angkat tinggi-tinggi mug atau cangkir ketika hendak menyaring dan lakukan secara berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa.
  5. Siapkan cangkir saji dengan gula di dalamnya kemudian saring lagi untuk terakhir kalinya ke dalam cangkir gula yang telah disiapkan tadi.
  6. Hiasi Kopi dengan chocogrande sesuka anda. Rasa akan menjadi berbeda tergantung dengan jenis bubuk kopi yang anda gunakan.

Banyak rumor yang mengatakan tentang kopi yang simpang siur di tengah-tengah masyarakat mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dari yang baik sampai yang buruk, dari obat untuk kanker sampai penyebab stroke.

Hal ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, sampai saat ini penelitian masih terus berlangsung. Berikut manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yang sudah ditemukan dan dijamin oleh para ahli:

1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Dapat Memperbaiki Mood

Manfaat kopi bagi otak sangat banyak, hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein. Kafein yang terdapat pada biji kopi dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik.

Anda dapat mengingat sesuatu lebih tepat, memproses informasi yang diperoleh lebih cepat, dan menjadi lebih fokus lagi. Kafein berfungsi dengan cepat dan dapat meningkatkan fungsi otak, oleh karena itu rasa kantuk Anda seolah hilang setelah meminumnya.

Kafein, adalah zat stimulan yang paling umum dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Setelah Anda meminum seduhan kopi, kafein yang telah diserap oleh tubuh Anda akan menghambat hormon adenosin pada tubuh.

Dengan terhambatnya adenosin tersebut, produksi dopamin dan norepinefrin menjadi bertambah. Dopamin bisa mempengaruhi mood sehingga Anda jadi lebih ceria, sementara norepinefrin dapat meningkatkan denyut jantung Anda.

Meski kafein ini bersifat stimulan, zat ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia karena tidak menyebabkan halusinasi. Tidak sama seperti kokain atau ekstasi jika dikonsumsi yang lama kelamaan akan memperburuk fungsi otak, dengan mengkonsumsi kafein dalam batas yang wajar dapat membuat otak dan mood Anda menjadi lebih baik.

2. Stimuli Fungsi Saraf dan Menambah Energi

Kafein, membuat tubuh kita dapat memproduksi ephinephrin, adrenalin dalam aliran darah, sehingga memberi stimulus pada sistem saraf di tubuh. Kafein juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dari sebanyak 3 hingga 11% lebih baik.

Untuk dapat melakukan proses perubahan ini kafein bisa menggunakan energi dari lemak darah. Karena itu tubuh akan terasa lebih berenergi dan bersemangat.

Manfaat kopi bagi kesehatan saraf dan tubuh tergolong sangat banyak, sehingga dapat disarankan minum segelas kopi hitam tinggi kafein sebelum melakukan aktivitas berolah raga. Syaratnya adalah tidak menambahkan bahan pemanis seperti gula, karena gula akan berubah menjadi energi dan membuat lemak darah tidak terbakar dengan sempurna.

3. Meredakan sakit kepala

Jika Anda sedang mengalami atau dalam kondisi sakit kepala dan sibuk di waktu yang sama, Anda bisa minum segelas kopi untuk digunakan sebagai pereda sakit kepala sementara waktu. Kafein yang terkandung pada kopi dapat membantu mengurangi rasa sakit dari migrain dan sakit kepala ringan akibat peradangan atau stress.

Saat sakit kepala, pembuluh darah akan membengkak dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, kafein berguna dapat melebarkan aliran darah sehingga rasa sakit pada kepala dapat berkurang.

Kopi bagi kesehatan memang mempunyai beragam manfaat yang baik bagi tubuh saat diminum secara langsung. Tidak hanya sebagai minuman, biji hitam ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan kecantikan jika digunakan dengan cara yang tepat dan tentunya berbeda.

Saat ini sudah ada banyak produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar kopi, contohnya parfum, masker, produk kosmetik, sabun, dan masih banyak lagi.

1. Mengencangkan Kulit Wajah dan Menghilangkan Mata Panda

Mata panda, bekas jerawat, selulit, atau keriput dapat mengurangi aura kecantikan kulit dan wajah Anda. Seiring dengan bertambahnya umur, tingkat stress, dan kebiasaan hidup yang tidak sehat membuat kulit menjadi tak sehat dan semakin mengendur.

Kopi mempunyai kandungan asam dan kafein yang dapat mengencangkan, menghaluskan kulit, dan menyamarkan bekas jerawat pada wajah.

2. Menjaga Kesuburan Rambut

Tidak hanya digunakan untuk kulit saja, memanfaatkan kopi bagi kesehatan rambut juga marak dilakukan oleh para kaum wanita. Dengan menggunakan ampas dari kopi hitam, kamu dapat menjadikannya sebagai masker rambut.

Sama halnya seperti kulit, rambut akan terasa lebih halus dan kuat karena racun yang ada pada rambut diikat dan dibuang bersama air oleh kopi. 

Pemakaian secara teratur akan mengatasi masalah kerontokan pada rambut Anda secara alami. Kopi juga akan membuat rambutmu menjadi lebih berkilau dan memiliki aroma yang.

Caranya, siapkan bubuk kopi yang sudah digiling dengan halus, Anda juga dapat memanfaatkan ampas dari kopi hitam yang tidak tercampur oleh gula atau susu, air panas, dan shower cap.

Pertama, cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo kemudian bilas dan keringkan hingga menjadi setengah basah. Setelah itu ratakan bubuk atau ampas kopi ke rambut sambil dipijat dengan halus. Tutupi rambut yang diberi kopi dengan shower cap kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas.

3. Antioksidan dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Kopi sangat kaya akan antioksidan yang mempunyai fungsi untuk membantu menangkal radikal bebas, polusi, debu, dan panas matahari. Itulah sebabnya kopi banyak dijadikan sebagai bahan produk lulur atau masker pada kecantikan.

Selain itu bubuk kopi adalah salah satu scrub alami yang baik untuk kulit, fungsi scrub adalah untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati agar kulit yang kusam kembali terlihat lebih cerah. Memberi scrub kopi pada kulitmu sama halnya memberikan perlindungan kepada kulit dari penuaan dini dan kotoran yang ada di udara.

Membuat scrub sederhana dari bahan dasar kopi sangat mudah, cukup sediakan bubuk kopi halus dan lidah buaya. Campurkan kedua bahan tersebut dan usap hingga merata di kulit sambil melakukan pijatan ringan. Untuk menilik hasil yang maksimal gunakan setiap hari.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada anda tentang artikel kali ini,baca juga resep lainnya di rumahmesin.com.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.