Cara Membuat Keripik Sukun

Bagi Anda yang suka ngemil di siang dan malam kami sarankan Anda semua belajar cara membuat keripik sukun untuk camilan. Chip ini seperti chip Apple

Seperti namanya, keripik ini terbuat dari bahan dasar sukun yang dicampur dengan bahan lain dan bumbu menjadi hidangan yang sangat renyah dan gurih.

Anda punya sukun di rumah dan bingung memprosesnya? Tidak perlu khawatir, ini adalah cara membuat keripik sukun yang gurih dan renyah.

Keripik ini bisa Anda buat sedikit atau dalam jumlah banyak. Biasanya menghasilkan dalam jumlah besar untuk bisnis atau acara. Daerah yang menjadi pusat penghasil sukun paling terkenal adalah Kabupaten Cilacap dan juga Kepulauan Seribu.

Nah, untuk melayani, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya. Untuk cara membuat keripik sukun tidak terlalu sulit seperti halnya cara membuat keripik pepaya dan proses pembuatannya juga tidak membutuhkan jam.

Sehingga bisa cepat disajikan bersama keluarga di rumah. Tetapi sebenarnya ada sejumlah tahapan yang harus Anda lakukan secara berurutan. Inilah Cara Membuat Keripik Sukun

Cara Membuat Keripik Sukun

Persiapan untuk Cara Membuat Keripik Sukun:

  •     1 buah sukun yang matang, kupas lalu cuci hingga bersih dan iris tipis-tipis.
  •     kapur sirih 2
  •     airnya kurang lebih 2 liter
  •     Siapkan minyak goreng secukupnya

Bahan dan bumbu untuk Cara Membuat Keripik Sukun:

  •     1 sendok makan garam
  •     ketumbar bubuk 1 sdm
  •     4 siung bawang putih, (gunakan mesin pengupas bawang)
  •     1 sdt gula pasir
  •     jari kunyit 1 segmen, haluskan

Cara Membuat Keripik Sukun:

  1.     Pertama-tama siapkan wadah dan kemudian campurkan kapur sirih dan air.
  2.     Setelah itu tambahkan irisan sukun dan rendam selama sekitar 4 hingga 5 jam.
  3.     Angkat lalu cuci sukun sampai bersih dan tiriskan.
  4.     Setelah itu campur bumbu-bumbu yang telah disiapkan sebelumnya, lalu aduk hingga tercampur rata, aduk secara manual atau bisa juga menggunakan mixer roti.
  5.     Setelah itu, lapisi irisan sukun dengan rempah-rempah yang telah disiapkan secara merata. Biarkan bumbu meresap selama sekitar 15 menit.
  6.     Kemudian goreng sukun dalam minyak panas di wajan sampai matang dan warna chip menjadi kuning agak cokelat.
  7.     Selesai, lepaskan, lalu tiriskan dan masukkan keripik sukun ke dalam wadah.
  8.     Keripik Sukun siap disajikan.

Kandungan Gizi pada Sukun

Sukun kaya akan karbohidrat dan karenanya cocok sebagai makanan pokok. Sayangnya buah ini tidak bisa disimpan lama dalam keadaan segar. Konten sukun setara dengan wortel

Ketika disimpan pada suhu kamar, buah ini hanya bisa bertahan sekitar 5 hari. Sukun bisa disimpan lama jika diolah menjadi makanan terlebih dahulu.

Sukun memiliki kandungan lemak rendah, bebas kolesterol dan tidak mengandung gluten.

Indeks glikemik sukun lebih baik daripada sumber makanan lain seperti kentang, beras dan gandum.

Indeks glikemik adalah angka yang menjelaskan pengaruh makanan terhadap kadar gula darah. Sukun juga mengandung karotenoid seperti beta karoten dan lutein.

Zat ini berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Manfaat Buah Sukun

1. Sukun Dapat Menurunkan Gula Darah

Sukun memiliki kandungan serat yang tinggi dan serat ini akan mengontrol gula dalam darah Anda. Makan rutin sukun dapat mengurangi penyerapan kelebihan gula dari makanan lain sehingga tidak akan menyebabkan diabetes.

2. Sukun Merupakan Salah Satu Sumber Energi

Buah ini bisa menjadi makanan alternatif untuk menghasilkan energi tanpa menambah jumlah kalori. Sukun juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga kelebihan kolesterol jahat.

3. Sumber Omega-3 dan Omega-6

Omega-3 dan omega-6 sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, zat omega ini juga baik untuk kinerja hati dan otak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang suka makan sukun dapat memiliki kecerdasan yang lebih baik daripada yang lain.

4. Gerakan usus halus

Kandungan serat sukun yang sangat tinggi akan melancarkan pencernaan pada manusia. Selain melancarkan buang air besar, sukun juga bisa memperlancar buang air kecil.

5. Cocok untuk dimakan saat sedang diet

Sukun juga merupakan salah satu makanan paling ideal yang dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Rasanya enak, rendah kalori dan tinggi serat, mengkonsumsinya dengan merebusnya agar lebih sehat.

Demikian ulasan tentang cara membuat keripik sukun dan pemahaman lainnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda pembaca. Anda juga bisa menservice AC di service AC jogja. Baca juga artikel kami yang lain, yang tentunya akan menambah wawasan Anda.