Kreasiin Udang Jadi Amplang Kuy!

cara membuat amplang udang

Halo Guys! Pada artikel cara membuat amplang udang ini saya akan berbagi tips nih bagaimana cara mengkreasikan udang menjadi amplang. Sebelumnya udah pada tau belum nih apa itu amplang? yuk simak pembahasannya!

Amplang ini merupakan kerupuk yang berasal dari kota Balikpapan, amplang juga mempunyai nama lain loh yakni kuku macan unik kan?. Biasanya kerupuk ampang di buang dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Tapi pada saat ini amplang sudah sangat berfariasi ada yang menggunakan bandeng, ikan tuna bahkan udang seperti yang akan kita buat kali ini.

Di Indonesia sendiri Kerupuk salah satunya kerupuk adalah amplang merupakan cemilan yang sangat disukai atau di gemari dari semua kalangan. Hal ini membuat amplang menjadi salah satu pilihan untuk memulai usaha, karena peluang amplang sangat lah besar. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membacanya pada artikel berikut cara membuat amplng, di artikel tersebut terdapat analisis usaha amplang.

Untuk alat alat yang anda butuhkan dalam usaha ini tidak perlu khawatir, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di rumahmesin.com. Pada Web tersebut anda bisa mendapatkan kualitas yang bagus dan harga yang aman untuk kantong.

Sebelum kita ke resepnya, alangkah lebih baik kalau anda mengetahui cara memilih Udang yang berkualitas bagus. Yuk intip tips tipsnya.

Cara Memilih Udang Yang Baik Untuk Di Olah Menjadi Amplang Udang

Udang adalah salah satu spesies hewan laut yang dapat hidup di berbagai perairan seperti danau, sungai, maupun di laut. Bahan makanan dari laut atau seafood ini hidup dan juga berkembang biak bisa diberbagai janis air contohnya seperti di payau, air tawar, maupun air asin dengan kedalaman yang beragam. Kita bisa mengolah dan mengkreasikan udang menjadi berbagai jenis makanan yang memiliki cita rasa lezat.

Di balik cita rasanya yang nikmat, sudahkah anda mengetahui bagaimana cara untuk memilih udang yang segar serta sesuai? Untuk anda yang penasaran bagaimana sih cara memilih udang yang masih segar dan aman untuk anda dikonsumsi, simak yuk apa saja tipsnya!

Pastikan kepala udang masih tertempel dan kepalanya tidak berwarna merah

Pada saat anda ingin membeli udang yang masih segar, pastikan anda untuk memilih udang dengan kepala yang masih tertempel utuh dengan badan udang. Karena hal itu merupakan salah satu dari indikasi jika udang masih segar dan juga aman untuk dikonsumsi manusia. Sementara jika kamu melihat ada udang yang kepalanya telah terlepas dari tubuhnya, maka bisa saja udang tersebut sudah tidak segar lagi bahkan sudah tidak layak untuk di makan.

Perhatikan juga bagian kepala dari udang tadi, pastikan anda untuk tidak memilih udang yang memiliki bagian kepalanya berwarna merah. Karena bisa saja hal tersebut merupakan indikasi jika isi kepala udang tidak utuh lagi atau sudah pecah. Tentu saja anda pasti tidak ingin kan mencicipi isi dari kepala udang nantinya. Maka anda harus pastikan kembali bahwa udang tersebut masih segar dengan kepala yang masih menempel dan berwarna bening.

Beraroma khas dan pastikan udang masih segar dan tekstur udang tidak lembek

Pada saat anda membeli udang, maka tidak ada salahnya jika anda ingin mengecek aroma dari udang tersebut terlebih dahulu untuk memastikan kualitas dan juga kesegarannya. Lebih baik hindari untuk membeli udang yang sudah berbau tidak sedap apalagi beraroma busuk karena sudah pasti kualitas udang sudah sangatlah buruk. Aroma adalah salah satu tips paling mudah dalam memeriksa kesegaran dari makanan laut terutama udang ini.

Sebelum anda memulai untuk membeli udang, pastikan kalau tampilan dari udang yang akan anda beli tersebut masih tampak terlihat segar dengan cangkang kulit yang masih bening. Tanpa ada cairan maupun memiliki warna lain yang bisa menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar atau dalam kondisi yang buruk dan tidak layak untuk konsumsi. Pastikan bahwa kesegaran dari udang adalah menjadi hal yang paling utama dalam membeli udang.

Anda bisa memperhatikan daging dari udang tersebut sebelum memulai untuk membeli udangnya. Daging udang dengan kualitas yang bagus akan mempunyai tekstur yang kenyal serta tidak lembek saat anda tekan. Jangan sampai anda membeli udang yang mempunyai tekstur yang lembek karena hal itu dapat menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar lagi bahkan sudah tidak layak untuk di konsumsi.

Gampang kan memilih udang yang bagus, tetapi anda di haruskan teliti dalam memilih udang. Setelah kita tau cara memilih udang dengan baik yuk simak gizi dan manfaat udang.

Gizi dan Manfaat Udang

Protein untuk Pembentukan Sel Tubuh dan Yodium untuk Membantu Produksi Hormon

Kandungan protein yang terdapat di dalam tubuh udang ini termasuk protein yang rendah lemak. Di dalam 3 ons udang atau kurang lebih 15-16 ekor udang besar, mengandung sebanyak 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya mengandung 1,4 gram lemak total. Protein pada udang ini berguna sebagai pembentuk sel pada tubuh anda. Tidak hanya itu, asupan protein juga sangat diperlukan untuk membantu membangun dan juga memperbaiki jaringan pada tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, serta zat kimia lainnya yang berguna di dalam tubuh. Karena tubuh manusia tidak memiliki persediaan protein, maka anda harus memenuhi kebutuhan protein tubuh setiap harinya melalui makanan yang di konsumsi.

Kebutuhan protein setiap tubuh berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan juga usia anda saat ini. Untuk remaja pria dan pria dewasa yang aktif misalnya, mereka membutuhkan sekitar kurang lebih 200 gram protein dalam sehari yang dapat dipenuhi pada tiga kali makan. Sedangkan untuk remaja wanita, wanita dewasa yang aktif, serta kebanyakan pria pada umumnya membutuhkan sekitar 170 gram protein per hari yang dapat dipenuhi dalam dua kali makan saja. Anak-anak, kebanyakan wanita dewasa dan juga lansia hanya membutuhkan protein sebanyak kurang lebih 140 gram setiap harinya yang dapat dibagi dalam dua kali sajian makan.

Yodium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun yodium hanya bisa didapatkan dari asupan makanan saja. Yodium berperan penting untuk mendukung dan membantu kinerja kelenjar tiroid dalam produksi hormon pada tubuh anda. Tanpa asupan yodium yang mecukupi, anda akan berisiko untuk mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan juga akan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain pada garam, udang juga merupakan salah satu pilihan makanan yang bisa anda konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium yang cukup untuk tubuh.

Kalsium untuk Kesehatan Gigi Serta Tulang dan Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan Jantung

Di dalam tubuh udang juga ada kandungan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga tulang. Namun, tidak hanya itu saja loh, kalsium juga masih mempunyai banyak lagi manfaat lainnya, contohnya seperti memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf serta kemampuan untuk pembekuan darah. Beberapa penelitian menunjukkan kalau kalsium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan sindrom pramenstruasi serta baik untuk menurunkan berat badan untuk anda yang sedang diet.

Anak anak yang berusia 9 tahun ke atas membutuhkan asupan kalsium kurang lebih sekitar 1000-1300 miligram per harinya. Sedangkan untuk remaja wanita yang berusia 9-18 tahun hanya memerlukan kalsium sekitar 814 miligram saja untuk setiap harinya.

Sama halnya dengan ikan pada umumnya, udang juga makanan laut  atau seafood yang mengandung banyak sekali asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung. Nutrisi itu dapat berguna untuk menurunkan risiko sakit jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida pada tubuh anda. Tidak hanya itu, asam lemak juga dapat bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma dan juga sangat baik untuk ibu hamil.

Wah ternyata udang sangat berguna dan bermanfaat ya, jadi ngga usah ragu ragu lagi ya untuk mengonsumsi udang. Setelah anda mengetahui cara memilih udang yang berkualitas dan juga manfaat dari udang, mari kita simak cara membuat amplang udang!

Cara Membuat Amplang Udang

Bahan – Bahan  Cara Membuat Amplang Udang:

  • 250 gram udang giling
  • 500 gram tapioka
  • 1 sachet kaldu sapi kemasan ekonomis
  • 2 sendok makan kaldu jamur totole
  • 2 putih telur ayam
  • 1 kuning telur ayam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 30 gram gula halus
  • 1 sendok teh soda kue larutkan dengan air 100ml
  • 1 sendok teh baking powder
  • Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat Amplang Udang:

  1. Langkah pertama kocoklah putih telurnya saja sampai berubah menjadi kaku. Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam gilingan udang yang sudah di blender bersama dengan kuning telor lalu aduk sampai semuanya rata. Tambahkan larutan soda kue, lada, kaldu jamur, kaldu sapi, baking powder setelah itu aduk merata.
  2. Masukkan tepung tapioka secara berkala sedikit demi sedikit dan aduk adonan. Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera anda. Dan langsung masukkan adonan amplang udang di dalam minyak goreng yang masih dingin dalam wajan penggorengan. Jangan masukkan adonan terlalu banyak agar muat saat di goreng. Setelah anda rasa cukup, nyalakan api dan mulailah untuk menggoreng amplang. Goreng sampai adonan amplang matang atau sampai bunyinya menghilang. Setelah amplang udang matang, angkat dan tiriskan menggunakan tissue makan agar minyak yang menempel tidak terlalu banyak. Anda bisa menyiman amplang udang ini pada wadah yang kedap udara seperti toples.

Gampang banget kan cara membuat amplang udang ini? Jangan lupa di praktekin di rumah ya! dan Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.