Cara Membersihkan Alat Elektronik di Rumah

Perkembangan teknologi semakin canggih, hampir setiap orang kini memiliki smartphone, laptop, komputer dan TV. Namun, sangat sedikit orang yang enggan dan malas untuk membersihkan perangkat elektronik mereka dengan rutin dan benar.

Padahal, dengan membersihkan barang yang kita gunakan adalah hal yang penting, karena itu akan membuat umur alat elektronik kita menjadi umur panjang (awet). Komponen elektronik yang berada didalamnya pun tidak akan mudah rusak, karena alat elektronik yang rawan sekali akan kerusakan, maka bersihkan secara berkala.

Terlebih lagi, smatphone atau laptop telah menjadi bagian yang tak akan terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun hanya sekadar hiburan saja. Dengan banyak penggunaannya semakin banyak juga kotoran yang akan masuk dalam alat elektronik kita.

Berikut ini kami memberikan tips membersihkan alat elektronik:

Kebutuhan yang diperlukan

Pada umumnya, hampir semua alat elektronik rumah tangga bisa dibersihkan dengan beberapa barang yang sama, diantaranya sebgai berikut.

  • Spiritus
  • Kain serat mikro
  • Semprotan angin

Cara Membersihkan Laptop dan Komputer

Alat elektronik ini sudah banyak orang yang memiliki terutama bagi mahasiswa maupun orang yang bekerja di kantoran. Selain itu pasti banyak yang membawa laptop kemana-mana dan menggunakannya di tempat yang begitu sembarangan. Tanpa tersadari setelah kita makan tanpa cuci tangan langsung memegang laptop. Jadi kamu bisa bayangkan sekotor apa keyboard laptop dan permukaannya.

Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan komputer dan laptop :

  1. Matikan komputer dan cabut kabel-kabel yang tercolokkan pada terminal listrik
  2. Balikkan laptop atau keyboard komputer dan goyangkan untuk menghilangkan kotoran yang berada di dalamnya.
  3. Setelah itu letakkan laptop atau keyboard kamu kemudian tiup-tiup atau pakai semprotan angin yang bertekanan tinggi guna menghilangkan segala kotorannya.
  4. Oleskan sedikit alkohol pada permukaan keyboard dan gosok ke kain serat mikro dan seka di sekitarnya.
  5. Oleskan alkohol juga ke layar dan gosok dengan kain.
  6. Untuk membersihkan layar lakukan penggosokan ke arah bawah agar terhindar dari goresan.

Cara Membersihkan Televisi

Alat elektronik ini rawan kotoran dan harus sering dibersihkan, karena letaknya permanen menjadikan banyak debu menempel. Berikut cara membersihkannya.

  1. Sedot debu yang berada dibagian belakang TV.
  2. Oleskan alkohol pada bagian belakang TV dan tuangkan pada kain mikro, kemudian gosok perlahan-lahan. Lakukan juga pada layar depan.
  3. Selanjutnya usap kembali dengan kain yang lembut untuk menghindari goresan.
  4. Sedangkan untuk remote TV cukup balikkan dan goyang-goyangkan agar debu dan kotoran pada jatuh.
  5. Gosok juga remote dengan kain serat mikro.