Cara Belajar Efektif untuk Anak SD

Untuk para orang tua yang punya anak masih duduk di bangku sekolah dasar, terkadang menemukan beberapa masalah dalam belajar. Anak SD memang sering sekali cepat bosan dalam belajar, apalagi sekarang anak SD juga sedikit-sedikit main smartphone, jadi makin terganggu dengan gadgetnya. Terkadang orang tua tidak ingin berpikir rumit, mereka memberikan solusi dengan langsung mendaftarkan anak ke bimbel, tanpa tahu apakah di bimbel si anak berkembang, atau justru semakin tertekan.

Cara belajar efektif untuk anak tidak bisa kita temukan secara instan. Kita sebagai orang tua harus paham kemauan, karakter, dan motivasi anak. Jadi di sini saya akan berbagi beberapa cara untuk merumuskan cara belajar efektif untuk anak. Cara-cara ini bisa disesuaikan dengan kreatifitas bapak ibu di rumah ya!

SONY DSC
  1. Seringlah Mengobrol dengan Anak Sepulang Sekolah

Untuk orang tua yang masih cuek, jangan dilanjutkan ya, karena anak butuh perhatian dari kita. Sebagai orang tua, harus memahami apa yang saat ini menjadi kebutuhan, kemauan, dan keluhan anak dalam belajar. Itu bisa kita mulai dengan mengajaknya mengobrol santai ketika pulang sekolah, atau juga bisa dilakukan sebelum waktu belajar malam. Dari obrolan itu nanti kita akan tahu bagaimana cara belajar efektif untuk anak.

  1. Gunakan Gadget

Karena anak zaman sekarang sangat sulit untuk dilepaskan dari gadget, maka dari itu sebisa mungkin kita harus bisa mengisi konten di smartphone yang mereka gunakan dengan aplikasi edukatif. Cara ini cukup efektif untuk tetap memberikan kesempatan kepada anak memanfaatkan teknologi, tanpa harus menyita hp-nya. Salah satu yang bisa digunakan adalah dengan menginstal aplikasi belajar seperti ruang guru.

  1. Pakai Ilustrasi Sederhana

Anak SD terkadang belum mampu untuk menerima konsep-konsep yang sulit, sehingga penting untuk memberikan media yang dapat memberikan mereka ilustrasi sebagai cara belajar efektif mereka. Baik dalam bentuk gambar, video, audio, cerita, semua bisa digunakan. Ternyata ruang guru juga layanan yang bisa memfasilitasi itu yaitu ruang belajar. Layanan ini memungkinkan anak kita belajar dengan video beranimasi, rangkuman berbentuk infografis, dan bahasa yang mudah dipahami.

  1. Belajar Sambil Praktek

Karena anak SD cepat bosan, mengajaknya untuk rekreasi ke wahana edukatif bisa jadi solusinya. Anak-anak juga bisa diajak belajar di tempat terbuka (outbound), agar mereka tidak cepat bosan.

  1. Sebentar tapi Sering

Lebih baik waktu belajar dipersingkat tapi intensitasnya diperbanyak. Itu cukup efektif dibanding waktu belajar yang lama tapi hanya dilakukan beberapa kali.

Nah, itu adalah beberapa cara belajar efektif untuk anak SD yang bisa saya bagi kepada orang tua. Beberapa menyinggung aplikasi ruang guru karena saya adalah user dari ruang guru, tapi memang terbukti hasilnya, belajar dengan ruang guru memudahkan anak saya, sekaligus memudahkan para orang tua dengan fitur rapor online.