Biografi Steven Gerrard

Biografi Steven Gerrard

Steven Gerrard bermunculan di Whiston, Merseyside, Inggris pada 30 Mei 1980. Kiprahnya dikenal publik ketika membela Liverpool dan kesebelasan nasional Inggris. Ia mengawali karier sepak bola juniornya dengan memperkuat kesebelasan asal kotanya Whiston Juniors. Baru pada umur sembilan tahun, Gerrard bergabung dengan akademi sepak bola Liverpool.

Ia menandatangani kontrak profesional bareng Liverpool pada 5 November 1997 di umur 17 tahun. Debutnya di kesebelasan utama Liverpool baru terjadi pada 29 November 1998 di ajang liga Inggris ketika menghadapi Blackburn Rovers. Dalam musim debutnya, Gerrard mencatatkan 13 kali penampilan bareng The Reds. Ia pun mengisi posisi vital gelandang tengah yang ditinggalkan Jamie Redknapp.

Pada Oktober 2003, sang pelatih Gerard Houllier menyerahkan https://www.pro.co.id/ ban kapten kepadanya. Pada musim ini pun Gerrard menyimpulkan untuk memperpanjang kontraknya sekitar 4 tahun. Setelah tidak meraih gelar apapun pada musim 2003-2004, dirinya tidak jarang dikaitkan dengan klub Inggris lainnya Chelsea. Bahkan klub asal London Utara ini menawarnya dengan harga 20 juta pounds.

Setelah melewati negosiasi yang alot, Gerrard kesudahannya batal hengkang dan memilih bertahan di Liverpool bareng pelatih baru Rafael Benitez. Bersama pelatih asal Spanyol ini Gerrard menjadi kunci permainan Liverpool. Dirinya dapat mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions pada 2005. Dirinya pun menjadi unsur skuad Liverpool ketika menjuarai piala FA pada tahun 2006.

Menjelang akhir kariernya, Gerrard melewatkan peluang terbaik guna menjuarai liga Inggris di musim 2013/2014 setelah mengerjakan blunder fatal ketika melawan Chelsea. Gerrard tidak melulu menjadi kapten di Liverpool, Ia pun sosok pemimpin yang disegani di timnas Inggris. Akan tetapi, sekitar berkiprah di timnas Gerrard belum dapat memberikan satu gelarpun.

Sebagai pesepakbola profesional Gerrard sudah menerima sejumlah penghargaan yang sifatnya individu. Penghargaan itu di antaranya ialah UEFA Club Footballer of The Year, PFA Player of The Year dan nominasi Ballon d’ Or. Di samping itu, Gerrard pun menerima penghargaan non olahraga berupa beasiswa dari Liverpool John Moores University dan anggota Orde kerajaan Inggris.

Sumber : https://www.infobiografi.com/