Mengenal Inkubator Bayi Untuk Merawat Bayi Prematur

alat inkubator bayi

Inkubator Bayi tentunya menjadi salah satu solusi yang digunakan untuk proses perawatan di rumah sakit bagi bayi – bayi yang terlahir secara premature. Meskipun tidak semua bayi premature harus dirawat di dalam inkubator namun setidaknya, alat ini harusnya tersedia di pusat layanan medis untuk ibu dan anak atau klinik persalinan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak pembaca sekalian untuk sedikit mengenal alat Inkubator sebagai alat perawatan bayi prematur.

Pengertian Inkubator Bayi

Dari kata Inkubator kita tahu bahwa alat ini merupakan alat yang digunakan sebagai alat inkubasi. Inkubasi untuk mereka, bayi – bayi yang membutuhkan rawatan yang intensif dengan berbagai kondisi dan situasi yang membuat ia harus dirawat di dalamnya. Jadi, inkubator bayi adalah sebuah instrument medis atau alat kesehatan yang digunakan sebagai alat inkubasi bayi yang membutuhkan tempat inkubasi tambahan.

Fungsi Inkubator Bayi

Sebenarnya sudah kita singgung sedikit di bagian atas, secara umum fungsi alat ini adalah untuk tempat perawatan bayi – bayi khusus dalam hal ini (bayi lahir premature) dengan beberapa macam gangguan kesehatan yang mengharuskannya untuk dirawat di dalam ruangan tertentu dan mendapatkan perawatan tertentu. Berikut beberapa fungsi inkubator bayi dalam proses perawatannya.

  • Untuk melindungi bayi dari paparan suhu ekstrim dari luar
  • Melindungi bayi dari paparan penyakit
  • Memberikan tempat yang nyaman dan kondusif untuk bayi dapat berkembang dengan baik
  • Proses perawatan bayi yang terpadu, intensif dibawah pantauan dokter
  • Menjamin kenyamanan dan ketenangan kondisi lingkungan bayi selayaknya di dalam kandungan ibunya.

Beberapa Bagian – Bagian Penting Dalam Alat Inkubator Bayi

Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, alat ini dibekali dengan berbagai macam komponen yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Berikut beberapa komponen penting yang terdapat di dalam alat ini.

  • Suplay oksigen – Berfungsi untuk memberikan oksigenasi untuk bayi yang membutuhkan
  • Fototerapi Unit – Lampu khusus yang digunakan untuk terapi “bayi kuning”
  • Kontrol Suhu dan kelembaban – Memberikan suhu lingkungan yang pas untuk kenyamanan bayi
  • Monitor Pasien – Didesain khusus untuk memantau kondisi fisiologis bayi yang dirawat di dalamnya.

Harga Alat Inkubator Bayi ?

Ada banyak sekali macam dan model inkubator bayi yang terdapat di pasaran. Tentunya disesuaikan dengan masing – masing kebutuhan. Hal ini karena kondisi yang dialami satu bayi dan bayi lainnya berbeda. Untuk mengetahui secara pasti tentang kisaran harga alat ini, anda bisa kunjungi webste resmi yang jual inkubator bayi di www.pusatinkubatorbayi.com, sekian semoga bermanfaat !